4 Kriteria Rumah Layak Huni Menurut PUPR Yang Sesuai Aturan di Indonesia

Diposting pada 27 March 2023

Rumah menjadi kebutuhan primer bagi setiap individu atau keluarga. Jadi harus membeli atau membangun rumah layak huni supaya nyaman dan sehat.

Oleh karena itu, setiap kali membangun rumah harus memiliki perencanaan yang bagus. Mulai dari perencanaan luas rumah, jumlah kamar tidur, ruang keluarga, dan lainnya harus disandarkan pada jumlah anggota keluarga.

Begitu juga saat membeli rumah, pastikan unit rumah lebih luas. Kalau perlu beli unit rumah 2 lantai yang lebih layak huni dan nyaman.

 

4 Kriteria Rumah Layak Huni  Dari PUPR

Kriteria rumah layak huni da oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bisa jadi pedoman untuk membangun rumah yang layak huni bagi keluarga.

Setidaknya ada 4 kriteria rumah layak huni dari PUPR yang bisa dijadikan sandaran ketika membangun atau membeli rumah. Berikut penjelasannya:

1. Struktur Kontruksi Bangunan Rumah Kokoh

Rumah yang layak huni adalah rumah yang konstruksinya kokoh. Apalagi di Indonesia beriklim tropis jadi harus lebih kokoh.

Walhasil bangunan rumah mulai dari pondasi, dinding, atap, dan genteng harus kokoh. Pas ada hujan tidak bocor. Pas musim panas, tidak telalu panas.

Struktur kontruksi yang kuat juga dapat menahan beban yang diterima oleh bangunan. Umur bangunan pun lebih panjang.

2. Bangunan yang Luas

Luas bangunan yang cukup akan memudahkan penghuni dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Nah supaya pas maka luas rumah harus disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga.

Untuk kriteria rumah sehat sederhana dengan maksimal penghuni empat anggota keluarga maka luas rumah 36 meter persegi. Jika lebih dari empat anggota keluarga maka rumah harus diperlebar lagi.

3. Sanitasi yang Baik

Sanitasi yang baik membuat rumah lebih sehat. Jadi anggota keluarga merasakan kenyamanan maksimal dan lebih produktif.

Indikator sanitasi rumah yang baik meliputi kebersihan lingkungan sekitar rumah, pengolahan limbah rumah tangga dan air limbah. Ditambah lagi dengan sistem pemeliharaan pembuangan air yang baik.

Dengan sistem pembuangan limbah yang bagus maka rumah jadi lebih sehat. Anggota keluarga jadi lebih nyaman dan tidak mudah sakit.

4. Sumber Air Bersih

Air bersih merupakan kebutuhan primer. Baik untuk mandi, mencuci, memasak, dan lainnya. Air bersih adalah kunci aktivitas harian keluarga jadi lancar.

Oleh karena itu, saat membangun rumah usahakan sumber air bersih. Saat beli rumah lewat developer cek ketersediaan sumber air bersih.

 

Kesimpulan: Beli Rumah Layak Huni Sekarang!

Saat membangun atau membeli rumah usahakan sesuai dengan 4 kriteria rumah layak huni standar PUPR. Supaya rumah lebih nyaman dan aman.

Keluarga pun lebih sehat dan produktif. Toh rumah yang kokoh, luas, dan sumber air bersih adalah aset berharga untuk anak dan cucu kelak di masa depan.

Ada banyak unit rumah yang masuk kriteria layak huni di katalog Prime360.. Anda bisa membeli unitnya baik di Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Yogyakarta. Untuk info diskon dan promo menarik bisa menghubungi WA: +62811945360. 

ImgWaNow