Cara Cek Legalitas Perusahaan Developer Properti

Diposting pada 31 March 2023

Beli rumah melalui developer tentu sudah jadi hal biasa. Namun harus hati-hati, karena ada oknum developer yang tidak bertanggung jawab. Alhasil cek lagalitas perusaahan developer properti sangat penting.

Tujuannya supaya proses pembelian properti lebih aman. Jauh dari hal-hal negatif seperti penipuan. Beli properti pun jadi lebih lacar.

5 Cara Cek Legalitas Perusahaan Developer Agar Tidak Tertipu

Ada berbagai cara untuk menghindari oknum developer properti yang nakal. Salah satunya adalah cek legalitas perusahaan developer. Berikut 5 cara cek legalitas perusahaan developer properti:

1. Cek Periksa Perizinan Developer

Pastikan bahwa developer memiliki izin dari otoritas terkait. Anda pun bisa cek surat izin bisnis developer secara online lewat website Sireng.

Anda tinggal masukkan data nama pengembang atau NPWP pengembang maka akan muncul alamat, asosiasi, dan juga status pengembang. Anda juga bisa cek website developer untuk mendapatkan informasi lengkap.

2. Cek Proyek Sebelumnya

Untuk mengetahui kualitas si pengembang maka bisa cek kondisi proyek sebelumnya. Riwayat proyek ini penting untuk mengetahui kulitas properti.

Jika tidak ada masalah terkait proyek berarti developer bisa dipercaya. Sebaliknya, saat banyak komplain terkait proyek maka profil developer tentu sulit dipercaya.

3. Cek Sumber Daya Manusia (SDM)

Cek juga kualitas SDM developer. Pastikan bahwa SDM memiliki kualitas dan sudah terlatih dengan baik. Cara cek SDM bisa dengan melihat sertifikat SDM developer.

Dengan SDM yang berkualitas maka unit properti yang dikembangkan dijamin berkualitas, sehingga nyaman dan aman.

4. Cek Ulasan

Sekarang banyak media yang mengulas developer. Baik media online, website developer, maupun ulasan di Google Bisnis.

Jika ada ulasan yang mayoritas negatif terkait pelayanan dan kualitas, sebaiknya urungkan beli properti. Sebeliknya ketika ulasan positif maka developer bisa dipercaya.

5. Verifikasi Alamat Developer

Pastikan bahwa developer memiliki kantor yang jelas alamatnya. Jangan berurusan dengan developer yang kantornya misterius alias tidak jelas.

Selain alamat, pastikan juga developer memiliki kontak, media sosial, dan website yang aktif. Dengan alamat jelas maka saat komplain bisa datang ke kantor.

Kesimpulan: Cek Legalitas Developer Sangat Penting

5 cara cek legalitas perusahaan developer properti di atas bisa Anda praktikkan ketika mau beli rumah atau properti lainnya. Mulai dari cek izin developer, ulasan online, dan juga alamat.

Supaya lebih aman, lebih baik beli unit rumah dari developer yang sudah punya nama dan punya riwayat yang bagus. Tidak pernah diulas buruk oleh media sosial dan lainnya.

Cek legalitas developer memang sangat penting supaya terhindar dari oknum developer yang tidak bertanggung jawab.

ImgWaNow