Untung Rugi Beli Rumah Lelang Yang Harus Kamu Pahami

Diposting pada 08 June 2023

Sebelum membeli rumah lelang bank, penting bagi Anda untuk mengetahui keuntungan dan kerugiannya, jangan tergiur dulu dengan iming-iming harga murah. 

Jadi sebelum memutuskan untuk beli rumah lelang, ada baiknya konsultasi dengan kawan atau keluarga yang sudah berpengalaman beli rumah lelang. Pasalnya jika tidak punya mitigasi risiko yang baik, beli rumah lelang bisa jadi bumerang. 

Apa Itu Rumah Lelang?

Rumah lelang adalah hasil sitaan bank ketika debitur tidak dapat melunasi cicilan kredit. Rumah ini kemudian dilelang dengan harga yang menarik dibandingkan rumah baru. 

Banyak orang tertarik untuk ikut lelang rumah karena harganya yang lebih rendah atau murah dibanding rumah baru. Jadi dengan anggaran hemat,  bisa dapat rumah dan tanah baru. 

Dibalik keuntungan dapat rumah murah, beli rumah lelang juga ada risikonya. Termasuk bersengketa dengan pemilik rumah sebelumnya.

Risiko Beli Rumah Lelang Bank

Beli rumah lelang bank yang murah juga menyimpan banyak risiko. Oleh karena itu, banyak juga yang enggan beli rumah dengan cara lelang. 

Berikut kerugian beli rumah lelang perbankan: 

Kondisi Rumah Tidak Terawat: Rumah lelang sering kali dalam kondisi tidak terawat. Pasalanya penghuni lama tidak merawat atau memperbaikinya. Alhasil harus keluar biaya renovasi. 

Sengketa dengan Penghuni Lama: Terdapat risiko sengketa dengan penghuni lama yang enggan keluar dari rumah yang dilelang. Hal ini tentu akan memunculkan konflik panjang yang tidak berkesudahan.

Batas Waktu Pembayaran: Jika berhasil memenangkan proses lelang maka pembayaran harus dilunasi dalam waktu singkat. Jadi harus menyiapkan fresh money. 

Kehilangan Uang Jaminan: Untuk mengikuti lelang maka terlebih dahulu membayar uang jaminan. Nah jika berhasil memenangkan lelang rumah namun pembayaran tidak tepat waktu, uang jaminan atau down payment yang sudah dibayarkan dapat hilang.

Selain memiliki risiko, beli rumah lelang juga memiliki banyak keuntungan. Jadi tidak mengherankan juga ada sebagian orang yang ikut lelangan rumah dari perbankan. 

Keuntungan Beli Rumah Lelang

Beli rumah lelang memang tidak dapat rumah baru. Akan tetapi bisa dapat rumah dengan harga lebih terjangkau. 

Berikut adalah keuntungan beli rumah lelang dari perbankan:

Harga Lebih Murah: Rumah lelang dijual dengan harga 20-30% lebih murah dari harga pasar karena telah diatur batas minimum harga oleh bank.

Lokasi yang Terjangkau: Rumah lelang umumnya terletak di daerah yang sudah berkembang dan memiliki lingkungan pemukiman yang sudah terbentuk.

Unit Siap Huni: Rumah lelang telah digunakan sebelumnya dan dalam kondisi siap huni dengan fasilitas seperti kanopi, pagar, interior dapur, dan taman.

Kesimpulan

Beli rumah lelang memiliki risiko dan keuntungan. Risikonya termasuk kondisi rumah tidak terawat dan sengketa dengan penghuni lama. Pembayaran harus dilunasi dalam waktu singkat, dan uang jaminan bisa hilang. Namun, keuntungannya adalah harga lebih murah, lokasi terjangkau, dan rumah siap huni. Penting untuk mempertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk membeli rumah lelang.

 

ImgWaNow